Kamis, 12 Agustus 2010

Ahli hukum dan astronom islam


Bismillahirohmanirohim.

ja'far shodiq bin muhammad al-baqir,beliau adalah tak lain cucu dari imam zainal abidin.dia(ja'far)juga merupakan cicit dari sahabat mulia"ali bin abi thalib"sekaligus menantu rosulluloh,sedang ibunya juga merupakan cicit seorang sahabat mulia rosul,juga sebagai teman rosulluloh ketika bersembunyi di gua 'tsur"(ja'far as-shidiq).
Ja'far lahir di madinah pada th 53 H, 7 rabi'ul awal(700M),saat itu dunia islam sangat memprihatikan,kebenaran menjadi hal yang langka.untuk mendapat kejujuran ibarat menegakan benang basah.keadaan ini makin di perparah dengan di pinggirkannya para penyeru kebenaran dari panggung kehidupan.
"Abdl.malik bin marwan"...ya....dia adalah khalifah yg memimpin madinah saat itu,dia di kenal sebagai pemimpin yang"korup",dan banyak melakukan hal sewenang-wenang.nilai rohani dan agama berada pada titik nadir terendah.
Saat itu pula ja'far mulai paham pendidikan,pendidikan itu langsung ia dapatkan dari ayahnya"muhammad al-baqir".ayahnya mempunyai madrasah madrasah yang banyak melahirkan ulama besar islam,karenanya ja'far tumbuh dan berkembang sebagai anak yang sholeh dan cerdas.ia berbeda dengan anak-anak seusianya,kemampuan,dan daya tangkapnya sangat cepat dan kuat.tak heran berbagai di siplin ilmu yg di berikan sang ayah seperti:ilmu hadits,astronomi,teologi,metafisika,dan materi lain dengan mudah ia kuasai.
Karena totalitasnya dalam dunia pendidikan,ia mendapat julukan"tokoh ilmuwan terbesar "dan ia juga di juluki shadiq(yang benar).
Jabir bin ayyam adalah salah satu muridnya yang terkenal,dia di kenal sebagai "ahli kimia"dalam sejarah islam.jabir pernah berkata:"hampir tidak ada guru yang terbaik dari ja'far shadiq di dunia ini".
Madrasah ja'far menduduki tempat tertinggi di antara lembaga pendidikan islam pada saat itu,terbukti lebih dari(empat ribu)penuntut ilmu di madrasahnya.
di antara muridnya,terdapat beberapa "ilmuwan"ternama,di antaranya:1.ahli "fiqih dan hadits"kenamaan seperti:A.abu hanifah,
B.imam malik.
C.sufyan tsauri
D.said al anshari dst...
Sebenarnya ada(empat)prinsip yang di pegang teguh oleh ja'far,di antaranya:
1.tidak seorangpun di izinkan mengerjakan pekerjaan saya,sekiranya dapat saya kerjakan sendiri.
2.saya tahu "Allah" melihat apa yang saya kerjakan,ini yang selalu membuat saya sederhana dan malu,serta takut megerjakan sesuatu yang berlawanan dengan islam.
3.saya yakin tak seorangpun dapat merampas kehidupan saya yang telah di jamin oleh Allah.
4.saya tahu,saya akan mati pada suatu hari,dan saya selalu siap untuk itu.
Dalam periwayatan hadits,ia termasuk "perawi"yang tsiqoh,terbukti dalam perkataan ibnu hibban,ia berkata: "ja'far bin muhammad adalah salah satu ahlul bait(keluarga rosul)yang faqih dan mempunyai kedudukan yang tinggi"periwayatan haditsnya dapat di jadikan hujjah(dalil).
Ja'far wafat di madinah pada tahun 756 H,di semayamkan di "jannat al baqih".kewafatannya mengundang kesedihan yang mendalam bagi umat islam.hingga khalifah abbasiyah al mansur berkata: "pemimpin kaum muslimin yang murni,orang yang paling berilmu,dan ahli ketuhanan telah meninggalkan dunia ini."
Dan murid beliau yang tak lain adalah "imam abu hanifah"pun berkata:Beliau(ja'far bin muhammad) adalah ilmuwan ketuhanan dan ahli ilmu hukum islam terbesar.
Muridnya yang lain seperti, "imam malik"memberikan pendapat lain tentang ja'far,dia berkata: "mata belum pernah melihat seorang yang lebih pandai,alim dan taqwa seperti imam ja'far".
Salah satu nasihat ja'far yang patut di renungkan adalah:"sebaik-baik kebaikan adalah yang di lakukan dengan segera,dengan maksimal,dan tidak di sebut-sebut".dan nasihat lainnya adalah:"seorang yang merasa puas dengan ktentuan Allah,maka dia akan menjadi hamba yang pandai bersyukur,sedangkan orang yang selalu tamak dengan harta orang lain akan selalu menjadi pengemis".

Meskipun ja'far sering di anggap "imam"oleh kaum syiah,namun ia pernah berkata,seperti di sebutkan dalam kitab"al masyra'u ar-rawi"juz 1 hal.86,beliau berkata: "aku lepas tangan dari orang yang membenci abu bakar r.a. dan ummar r.a.",jika aku berkuasa,aku akan mendekatkan diri kepada Allah dengan menumpahkan darah orang yang membenci keduanya".
wallahu a'lam.
semoga bermanfaat,andai ada kesalah dalam penulisan ini,saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,semoga Allah meridhoi.
wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar