Senin, 26 Juli 2010



Bismillah...
Di sini saya akan mencoba mengutip secuil tentang siapa yg pertama kali mengusulkan "adzan"?
apa bila ada kesalahan dalam teks saya,saya mohon di luruskan,karena saya juga masih perlu belajar.

"Siapa orang yang pertama kali mengusulkan adzan"?
yang pertama kali mengusulkan adzan adalah rosul,pada waktu itu dia(rosul)mengumpulkan para sahabat untuk membahas"bagaimana caranya bila waktu shalat tiba,denga cara apa kita bisa mengetahuinya"? pada waktu itu para sahabat mengusulkan:
1.dengan menancapkan bendera,
2.dengan terompet,namun kedua usulan tersebut di tolak oleh rosul,dengan alasan menyerupai
orang yahudi.
3.dengan lonceng...dan inipun di tolak olehnya,karena menyerupai orang nasrani.
Setelah tidak menemukan kesepakatan,musyawarah pun di tunda.

Hingga pada malam berikutnya,inilah salah seorang sahabat rosulyang tidak lain adalah:Abdallah bin zaid bin abdi rabbih di beri "mimpi"tentang adzan. Diapun keesokan paginya melaporkan mimpi itu kepada rosul dan menceritakannya.
setelah bercerita,rosulpun memerintahkan"Bilal"untuk mendengarkannya.di perhatikannya ucapan abdallah bin zaid,setelah selesai,adzanlah Bilal.(HR.Abu daud 420,shahih;munthaqa ibnul jarud:157).
Padahal...20 hari sebelum abdallah bin zaid bermimpi,Umar pun telah bermimpi hal yang sama,ia pun bermimpi tentang adzan.maka pada saat Umar mendengar abdallah bin zaid bercerita kepada rosul,Umar pun bergegas mendatangi rosululloh,lalu berkata:ya..rosululloh,sayapun bermimpi seperti abdallah bin zaid,tetapi dia lebih dulu melapor.
Rosul pun seraya berkata:alhamdulillah",ini semua terjadi pada awal tahun hijriyah.(Ibnu majah:737;shahih ibnu khuzaimah:366;mughnil muhtaj:1/133).
Kesimpulannya:orang yg pertama mengusulkan adalah rosululloh,dan dengan izin allah,yang pertama di beri tentang adzan adalah:abdallah in zaid bin abdi rabbih,walaupun Umar jauh hari sebelumnya bermimpi yang sama,nzmun abdallah bin zaid lah orang yang pertama mengabarkan tentang adzan kepada rosul.
wallahu 'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar