Sabtu, 14 Agustus 2010

Kalender masehi dan islam


Bismillahirohmanirohim.

sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apa bila ada kesalahan dalam "pengartian"kata yang mungkin menurut anda salah.
Sekarang saya akan coba menjelajah segelintir asal-usul nama-nama bulan "romawi",serta penyebutannya sebagai tahun miladiyah(kelahiran al-masih).
Akibat kekalahan pada perang dunia ke 2,kaum muslimin di jajah,di paksa menggunakan penanggalan romawi.sejak kedatangan penjajah dari kaum salib bangsa eropa,mereka mendatangi rumah-rumah kaum muslimin,maka penggunaan tersebut menjadi lumrah.padahal penanggalan tersebut mengandung kesalahan sejarah,dan nama-nama bulan tersebut "melestarikan"agama keberhalaan kuno,serta thagut-thagut bangsa romawi yang menjajah manusia dan memerangi agama Allah.

Untuk memastikan bentuk penghormatan tersrebut,di sini saya akan coba mengulasnya,berikut rinciannya:
1.januari....bangsa romawi menamainya dengan nama ini dari sembahan mereka,yaitu "yanus",dia adalah dewa matahari.mereka menggambarkannya dengan bentuk seorang laki-laki yang membawa semacam orang di tangan kanannya,dan kunci di tangan kirinya.
2.februari..namanya di tengah bangsa romawi adalah "ainus heru",yang artinya penebusan dan pengampunan.dan setiap tanggal 15 februari mereka merayakannya sebagai hari kesucian(taqdis)yang di hususkan bagi dewa mereka(lubukus).sementara dukun dewa tersebut menyembelih persembahan berupa kambing/anjing,kemudian mengusapkan darahnya ke kening-kening mereka.lalu mereka memotong-motong kulit binatang persembahan tersebut,dan kemudian mereka mengelilingi kuil dewa lubukus dengan membawa potongan kulit hewan tersebut.jika mereka memukulkan kulit tersebut pada "wanita yang mandul",maka akan sembuh dari penyakitnya.potongan kulit tersebut oleh mreka di namakan "biua fe-febru",dan dengan dewa ini mereka memiliki hari raya yang mereka namakan "februteii".
3.maret...di nisbatkan kepada bintang "mirrikh(mares)",dewa peperangan,penolong bangsa romawi dan sekaligus sebagai pelindung mereka sebagaimana yang mereka kira.pada abad-abad yang lalu,dewa tersebut di sebut sebagai dewa angin,matahari,kemudian menjadi dewa untuk pertanian dan tumbuhan.pendek kata,dia adalah dewa yang memiliki keahlian "banyak"sesuai dengan hawa nafsu manusia.
4.april...yang berarti "terbuka dan bersinar",dari bahasa latin"apcilis derivasi".kata apcils(bersinar)di lambangkan dengan bintang venus.adapun rupanya,menurut bangsa romawi adalah"pedansa"yang berdansa mengikuti irama musik.menurut orng-orang kuno...april adalah bulan awal tahun.
Sikap mempermainkan bulan-bulan inilah,di mana bulan awal tahun di pindah dari maret ke april,kemudian pindah lagi ke januari,tampak jelaslah bentuk "keganjilan"dalam kalender romawi(masehi).kemudian pesta dansa di pindah dari awal april ke awal januari,yang kemudian di sebut oleh orang-orang awam sebagai tahun dansa.
5.Mei...denagn bahasa latin "mains",dia adalah putri dewa atlas dan ibu dari dewa hermes,dalam sebuah hikayat ibu utharid.Di bulan ini bangsa romawi memilih seorang gadis yang paling cantik untuk di nobatkan sebagai ratu yang di beri mahkota.mmm...tahukah anda sekarang...dari mana "asal-usul"pemilihan ratu kecantikan(miss universe)?????
6.juni...adalah sebuah nama suku romawi,akan tetapi..mengapa bulan ini di namakan dengan nama suku ini?meskipun sebab penamaan tersebut sempat di permasalahkan,akan tetapi cukup bagi kita untuk mengetahui bahwa "penyebab penamaan bulan-bulan itu kebanyakan adalah untuk mengabadikan dewa-dewa para pembesar bangsa romawi yg hakikatnya adalah agama keberhalaan.
7.juli...bulan ini di beri nama dengan nama "caesar kayus yulius"sebagai bentuk pengabdian dan pengagungan.di karenakan dia di lahirkan pada bulan itu.sementara bulan tersebut,sebelum kelahirannya di namai "quinlilis" yang artinya bulan ke lima.
8.agustus...sebelumnya bulan ini di kenal dengan nama "sexilis"yang berarti ke enam.di namakan dengan nama kaisar romawi pertama,dan para penasehat romawi menjadikan 31 hari dengan mencontoh bulan juli agar kaisar tersebut tidak merasa lebih rendah kedudukannya dari pada yulius.rupa bulan itu menurut orang-orang romawi adalah seorang laki-laki telanjang dengan rambut tebal,acak-acakan,dan di tangannya terdapat sebuah wadah tempat ia minum.
9.september,oktober,november,desember....keempat nama bulan ini tidak berubah,tetap sama dengan nama-nama bulan yang dulu.
sekedar catatan: 1.september artinya tujuh,di ambil dari "sepicm"
2.oktober artinya delapan,di ambil dari "okto",adalah termasuk perayaan khamr(miras).
3.november artinya sembilan,di ambil dari "novem".
4.desember artinya sepuluh,di ambil dari "decm".

Hal ini..jelaslah menguatkan adanya "kekeliruan"dalam penanggalan romawi.asala muasal bulan pertama penanggalan ini adalah"maret",sebelum penanggalan"pauliusi".
DR.anis farihah berkata:"mereka telah berusaha merubah nama-nama bulan ini dengan nama-nama "biarawan",mmisalnya: mereka berupaya merubah november menjadi"tobarius",oktober menjadi jurmanus atau antonius.akan tetapi upaya tersebut gagal,karena berbagai sebab politik atau sektarian.
Bulan-bulan "suryani atau romawi atau masehi"yaitu:"kanun2,syabath,aqzr,nisyan,ayar,haziran,tamuz,ab,ailuul,tasyiran1,tasyiran2,dan kanu1".bulan-bulan tersebut di gunakan di syam dan iraq.adalah berasal dari agama berhala dalam penamaannya.
kesimpulan.......,:sesungguhnya penanggalan itu adalah bagian dari peradaban umat,bahkan termasuk dari bagian syair-syair agama mereka.sementara penanggalan kita(umat islam) adalah "hijriyah".mengambil makna ini dengan menunjukan makna yang paling dalam.karena terikatnya sebagian:rukun-rukun islam,syi'arnya,dan hari raya kaum muslimin dengan hijrah rosululloh,yaitu penanggalan yang bulannya di mulai dengan "hilal".yang dengannya aturan masa ini di mulai di saat Allah "menciptakan"langit dan bumi.
firman Allah:"sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ada "dua belas",dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi.di antaranya"empat"bulan haram(muharam,rajab,dzl qa'dah,dzul hijjah).qs.at-taubah:36.
dan sabda rosul:"zaman ini telah bergulir sebagaimana keadaannya pada hari Allah menciptakan langit dan bumi,setahun 12 bulan,di antaranya ada"empat"bulan haram(suci),yang tiga di antaranya"berurutan"(dzul qa'dah,dzulhijjah,muharam),sementar rajab mudhar yang terletak di antara jumada dan sya'ban.HR.bukhori,2958.muslim,3179.

Sekarang,pngkal kesadaran haruslah di perkuat.generasi muslim harus ambil bagian terhadap perkara penanggalan ini dengan ekstra.
"apakah mungkin....hari-hari puasa ramadhan di pindah ke penanggalan lain"?dan apa mungkin hari raya"idul fitri dan idul adha"di pindah dari awal syawal dan hari ke sepuluh dari dzulhijjah ke hari dan bulan "selain "ke duanya?
tidak mungkin 10 muharam atau satu malampun bisa di pindah.penanggalan kita(umat islam)adalah hitungan syar'i yg detil,yg merupakan bagian dari syi'ar agama kita.
Dari sini maka muncul pertanyaan:1.apakah mungkin/pantas seorang muslim"tidak"hafal bulan-bulan islam?
2.apa dapat di benarkan seorang muslim yang mampu "mengulang-ulang"nama-nama dewa agama keberhalaan kuno,yaitu saat dia mengulang nama-nam bulan romawi,kemudian dia merasa kesulitan untuk menyebutkan nama-nama bulan islam?

Sesungguhnya orang "yahudi"merasa bangga dengan penanggalan mereka.mereka telah menghidupkannya setewlah di hapuskannya bersama dengan bahasa mereka.orang-orang "nasrani"pun demikian,mereka bangga dengan penanggalan mereka,yang tergolong bentuk kepanjangan dari budaya bangsa romawi.

Lalu....di manakah kita kaum muslimin?
Wallahu a'lam.
semoga bermanfaat. wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar